Kategori
Tips Emas

Ciri-Ciri Emas Asli yang Mudah Diketahui dan Cara Membedakan

Ciri-Ciri Emas Asli yang Mudah Di ketahui dan Cara Membedakan, mungkin banyak dari Anda yang belum mengetahui ciri-ciri emas secara detail, jika melihat hanya melalui warnanya saja memang mudah untuk membedakannya. Namun ternyata ada ciri khas tertentu yang di miliki oleh logam mulia dan perlu Anda mengetahuinya.

Ciri Ciri Emas Asli yang Mudah Diketahui dan Cara Membedakannya

Ciri Ciri Emas Asli yang Mudah Di ketahui dan Cara Membedakannya

Banyak orang menjadikan emas sebagai bentuk investasi, yang akan bermanfaat jika di butuhkan pada masa depan. Nilanya yang cenderung stabil membuat banyak orang memilikinya, logam mulia ini juga bisa menguntungkan apabila menjual saat nilainya sedang naik.

Ciri-ciri emas yang akan kami sampaikan berikut ini cukup mudah untuk di ketahui, bahkan tanpa alat khusus sekalipun Anda bisa mengetahuinya. Pastikan Anda mengetahui mana logam mulia asli dan palsu, karena perbedaan di antara keduanya terkadang sulit di ketahui.

Karena inilah banyak orang tertipu dan tentu saja menimbulkan kerugian, agar terhindar dari hal tersebut maka perlu mengetahui apa saja perbedaannya. Selain mengenali ciri-cirinya, penting juga agar Anda selalu membelinya dari tempat terpercaya.

Ciri-Ciri Emas Asli yang Mudah Diketahui

Membeli barang bernilai tinggi memang memiliki berbagai risiko, salah satunya adalah kerugian karena menerima barang palsu. Maka dari itu penting untuk mencari tahu, seperti apa produk asli yang seharusnya di terima agar tidak terkecoh karena produk yang tidak asli.

1.      Tidak Korosif

Salah satu sifat dari logam mulia ini adalah tidak korosif, logam mulia ini tidak bisa berkarat jika kandungan di dalamnya 100% emas asli.

Jika ada bagian yang mengalami korosif, misalnya perhiasan Anda terkena air dan lama kelamaan berkarat, maka perhiasan tidak mengandung 100% emas asli.

2.      Tidak Magnetis

Ciri-ciri emas selanjutnya yaitu tidak magnetis, di mana logam mulia ini tidak mampu menempel pada magnet. Alumunium juga tidak mampu menempel pada magnet, namun tentu saja di lihat secara sekilas terdapat perbedaan cukup signifikan di antara keduanya.

Produk ini tidak mampu menempel pada magnet, jika menempel pada medan tersebut maka logam mulia tersebut mengandung besi. Maka dari itu untuk memeriksanya, pembeli bisa membawa magnet dan mencoba menempelkannya untuk membuktikan keakuratan kadarnya.

3.      Ada Tanda

Terdapat tanda pada permukaannya, biasanya akan terlihat ukiran berupa angka atau huruf yang mengartikan suatu kode. Contohnya dari angka 1 sampai 999, atau kadar 0 sampai 24 karat. Meski ada kode di permukaannya, akan lebih baik jika meminta kuitansi saat membelinya.

4.      Bersifat Padat

Ciri-ciri emas berikutnya ialah bersifat padat, jika meletakannya pada wadah berisi air maka logam mulia ini pasti akan tenggelam di bawahnya. Namun jika tidak, maka bisa di katakan jika kandungan dari perhiasan tersebut tidak mengandung 100% emas.

Sesuai dengan hukum fisika, emas ialah salah satu logam mulia yang akan tenggelam saat berada di dalam air. Sifatnya padat dan cenderung berat, membuat produk ini tidak mengambang dan semakin besar kadar emasnya, maka semakin padat produk tersebut.

Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu yang Mudah Dilakukan

Memang cukup sulit membedakan emas asli dengan palsu, apalagi Anda tidak ahli dalam bidang tersebut. Namun tidak perlu khawatir, Anda tetap bisa mendeteksinya melalui cara-cara berikut ini yang dapat di terapkan secara langsung tanpa peralatan khusus.

kunjungi instagram jagademas.com

1.      Digosok

Ciri-ciri emas bisa di ketahui keasliannya dengan cara di gosok menggunakan tangan, warna pada emas tidak akan pudar jika logam mulia tersebut asli. Namun jika warnanya berubah atau bahkan menempel pada tangan Anda, maka pembeli perlu curiga dan mempertanyakan ke penjual.

Kadar logam mulia ini tidak akan menurun hanya dengan menggosoknya menggunakan tangan, namun biasanya emas pada perhiasan memang dicampurkan dengan logam lain. Penting untuk bertanya kepada penjual terlebih dahulu, berapa kadar logam mulia tersebut dan keasliannya.

2.      Dijatuhkan

Saat logam mulia ini di jatuhkan juga memiliki suara berbeda pada emas asli dengan palsu, akan timbul suara nyaring lebih panjang dan tinggi jika Anda mengadunya dengan logam asli. Cobalah untuk mengetuknya dengan logam lain, agar Anda bisa mendengar suara yang di hasilkan.

Cara sederhana ini terbilang mudah dan bisa Anda terapkan, namun tentu saja keaslian dari emas tidak bisa di prediksi 100% akurat jika hanya menggunakan cara ini. Akan lebih baik jika Anda membeli emas melalui penjual terpercaya, dan pastikan di beri sertifikat saat membelinya.

3.      Digigit

Untuk mengetahui keaslian ciri-ciri emas, Anda juga bisa mengetahuinya dengan cara menggigit. Pasti Anda pernah melihat para atlet atau juara yang mendapatkan medali emas lalu di gigit, bentuk perayaan tersebut sebetulnya cara untuk mengecek keaslian logam mulia yang di dapat.

Meskipun logam mulia ini bersifat padat, namun jika Anda menggigitnya maka akan ada bekas gigitan pada permukaannya sehingga dapat di simpulkan bahwa logam mulia ini cukup lunak. Semakin tinggi kadar emasnya, maka semakin lunak permukaan pada logam tersebut.

Periksa Kandungan Emas yang Anda Miliki

Memang penting untuk berjaga-jaga agar Anda tidak tertipu, oleh para pedagang nakal yang mengambil keuntungan secara sepihak. Jangan sampai tertipu karena tidak mengetahui ciri-ciri emas, yang mudah sekali untuk di ketahui dengan cara sederhana.

Banyak cara yang bisa Anda terapkan, maka dari itu kami sangat menyarankan agar Anda mencari tahu secara pasti, emas yang telah Anda miliki atau hendak di beli. Jangan sampai tertipu oleh para penjual tidak bertanggung jawab, karena pada masa kini, konsumen yang harus lebih cermat.

Kandungan logam mulia ini sangat beragam, bisa saja logam mulia yang Anda miliki memang mengandung emas dengan kemurnian rendah sehingga keaslian logam mulia tidak terdeteksi. Secara pasti memang akan lebih baik, jika Anda menggunakan alat pendeteksi kadar khusus.

Sesuaikan logam mulia pilihan Anda dengan kebutuhan dan budget, agar bisa menjadikannya sebagai investasi jangka panjang. Sebelum membelinya Anda juga bisa menyadari, bahwa logam mulia asli memang memiliki ciri-ciri emas tertentu yang mudah di kenali.

Keyword: ciri-ciri emas

Di skripsi: Ada beberapa ciri-ciri emas yang mungkin baru Anda ketahui, dan informasi ini akan berguna jika Anda hendak membeli emas sebagai bentuk investasi.

Oleh jagademas

jagad emas adalah tempat jual beli emas tanpa surat yang berlokasi di yoogyakarta, namu kami juga melayani jual beli emas untuk luar daerah misalnya, jogja,solo, purworejo, wonogiri dan magelang. jual beli emas jjadi mudah dengan jagademas.com
klik link kami https://jagademas.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Maaf anda tidak dapat menyalin halaman ini